Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Kecerdasan Linguistik

 Konsep Kecerdasan Linguistik 


Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan dalam mengolah kara. Yaitu, kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan Ini mencakup kepekaan terhadap arti kara, urutan kata, ritme, dan intonasi dari kata yang diucapkan. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi. Linguistik merupakan faktor hakiki yang membedakan manusia dengan hewan. Bahasa merupakan anugerah dari Allah Swt., yang dengannya manusia dapat mengenal atau memahami dirinya, sesama manusia, alam, dan penciptaannya serta mampu memosisikan dirinya sebagai makhluk berbudaya dan mengembangakan budayanya. 


Bahasa merupakan sarana yang efektif untuk menjalin komunikasi sosial. Sebagai alat yang sangat penting, bahasa memiliki fungsi yang signifikan bagi manusia. Paling tidak, ada dua fungsi bahasa. Pertama, bahasa sebagai sarana pembangkit dan pembangun hubungan yang memperluas pikiran seseorang sehingga kehidupan mentalnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mental kehidupan kelompok. Kedua, bahasa sebagai sarana yang memengaruhi kepribadian.” 


Salah satu kecerdasan dalam mulriple intelligences yang dikemukakan oleh Howard Gardner adalah kecerdasan berbahasa verbal-linguistik (kemampuan menguraikan pikiran dalam kalimat-kalimat, presentasi, pidato, diskusi, dan tulisan). Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan para jurnalis, juru cerita, penyair, dan pengacara. 


Menurut Campbell dan Dickinson (dalam Sujiono), tujuan pengembangan kecerdasan linguistik adalah sebagai berikut: (1) agar anak mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan baik: (2) memiliki kemampuan bahasa untuk meyakinkan orang lain: (3) mampu mengingat dan menghafal informasi: (4) mampu memberi 


penjelasan, (5) mampu untuk membahas bahasa itu sendiri." 


3. Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar (Rineka Cipta: Jakarta, 2008), hlm. 46. 4. Yuliani Nurani Sujiono, Bermain Krearif Berbasis Kecerdasan Jamak (Jakarta: PT Indeks, 2010), hlm. 55-57. 


Post a Comment for "Konsep Kecerdasan Linguistik "